Pengaruh budaya luar




   Saya akan membahas tentang pengaruh budaya luar untuk negara Indonesia. Apa itu budaya luar atau budaya asing?  Budaya luar adalah budaya yang bukan berasal dari budaya negara kita sendiri. Misalnya negara kita Indonesia berarti budaya asing itu bukan budaya Indonesia . Karena sudah begitu banyak budaya luar yang masuk ke dalam Indonesia, maka budaya luar dan budaya Indonesia sudah tercampur. Seharusnya budaya luar yang masuk ke dalam negara Indonesia itu bersifat dan berdampak positif. Biasanya juga budaya yang masuk ke Indonesia bersifat mendukung. 

     Tetapi budaya luar yang masuk ke Indonesia tidak semuannya bersifat positif melainkan adanya yang negatif juga. Ada berbagai macam contoh negatif  budaya luar. Contohnya, yaitu pergaulan yang mengikuti negara luar, cara berpakaian yang mengikutin buadaya-budaya luar, dan masih banyak laginya. Seperti apa pergaulan yang mengikuti negara luar?  Seperti  "awkarin", dia adalah orang yang terkenal karena instagramnya, dia mengikuti cara bergaulnya budaya luar seperti masih pacaran tapi sudah berciuman, dan lain-lainnya. Cara berpakaian, contohnya pakaian yang orang sekarang gunakan lebih terbuka, ketat, dan berbagai macam bentuk. 

        Jika permasalahan itu dibiarkan maka akan muncul berbagai masalah. Masalah-masalah itu dapat berupa berbagai hal. Contohnya, adalah anak-anak muda atau remaja akan mulai melupakan budaya Indonesia, akan melupakan moral dan kesopanan.  Yang dimaksud dari melupakan budaya Indonesia, yaitu mereka akan melupakan, makanan khas Indonesia, lagu daerah, lagu nasional, dan lain-lain tetapi mereka tidak melupakan lagu-lagu barat,  korea, dan lain-lain. Melupakan moral dan kesopanan, bermaksud mereka akan melupakan moral dan juga sikapnya tidak terlalu sopan karena mengikuti budaya asing.

        Oleh karena itu kita harus menanganinya atau memberikan beberapa solusi. Untuk apa solusi itu?  Untuk memperbaiki budaya Indonesia yang telah rusak dan juga mengingatkan kembali budaya yang di lupakan. Ada berbagai cara memperbaiki budaya tersebut. Cara yang pertama, mengambil budaya yang benar. Contohnya  budaya luar itu sebenarnya baik dan juga bermanfaat, dengan itu kita ambil budaya yang positifnya jangan yang negatifnya. Kedua, agar anak-anak Indonesia tidak melupakan lagu-lagu nasional dan daerah disarankan untuk menyanyikan lagu daerah dan nasional di sekolah. Itu adalah beberapa cara atau solusi untuk menjaga budaya Indonesia. Semoga hasil karya ini bermanfaat untuk anda,  sekian dan terima kasih. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer